Prosedur

Operasi Lutut

Total Hip Replacement Surgery Procedure

PENYEBAB NYERI PINGGUL
Pinggul normalnya berfungsi sebagai sendi "ball-and-socket". Kepala femoralis (bola) berartikulasi dengan acetabulum (sebagai soket), memungkinkan rentang gerak yang halus dalam berbagai bidang. Setiap kondisi yang mempengaruhi salah satu dari struktur ini dapat menyebabkan kerusakan sendi. Hal ini pada gilirannya, dapat menyebabkan kelainan bentuk, rasa sakit, dan kehilangan fungsi. Nyeri pinggul memiliki banyak penyebab. Osteoartritis adalah penyebab paling umum di negara barat. Nekrosis avaskular, artritis pasca-trauma dan artritis reumatoid adalah beberapa penyebab nyeri pinggul artritis. Operasi penggantian pinggul total mungkin merupakan solusi yang sangat baik untuk kondisi ini.

  1. Osteoartritis - keausan pada sendi pinggul karena perubahan degeneratif terkait usia. Biasanya terjadi pada pasien yang lebih tua dan mungkin memiliki penyebab genetik. Seiring waktu, tulang rawan pinggul aus sehingga menyebabkan nyeri pinggul dan kekakuan. Pasien akan mengalami kesulitan berjalan jarak jauh, menaiki tangga, dan melakukan aktivitas sederhana sehari-hari seperti mengenakan sepatu dan kaus kaki.
  2. Avascular Necrosis - juga dikenal sebagai AVN atau 'osteonecrosis', kondisi dimana pasokan darah ke kepala femoralis di tulang paha bermasalah. Hal ini dapat menyebabkan tulang rusak dan permukaan kepala femoralis aus, yang akhirnya menyebabkan degenerasi sendi dan artritis. Seringkali penyebab AVN tidak diketahui (idiopatik) walaupun secara umum penyebabnya karena beberapa faktor seperti asupan steroid yang berlebihan, melalui pengobatan tradisional, karena asupan alkohol yang berlebihan, penyakit tertentu dan bahkan melakukan penyelaman di laut dalam.
  3. Post-Traumatic Arthritis - Ini dapat disebabkan cedera pinggul yang serius atau fraktur. Permukaan sendi pinggul menjadi rusak dan akhirnya menjadi arthritis seiring waktu.
  4. Rheumatoid Arthritis - ini adalah penyakit autoimun dan salah satu jenis umum dari kondisi yang disebut 'Pembengkakan Arthropatis'. Membran sinovial dapat meradang dan menyebabkan kerusakan sendi seiring waktu. Biasanya persendian lain ataupun sistem organ tubuh lain mungkin juga terpengaruh. Orang berusia muda pun bisa mengalami. Tes darah khusus diperlukan untuk mendiagnosis penyakit sendi radang, dan Ahli Bedah Ortopedi bekerja sama dengan Rheumatologis (Spesialis Sendi) akan meresepkan obat khusus (DMARD) untuk mengendalikan penyakit sebelum operasi.
  5. Masalah Tulang Pinggul Anak - seperti Displasia Pinggul, dislokasi pinggul bawaan dan Penyakit Perthes dapat menyebabkan perkembangan sendi pinggul yang tidak normal dan radang sendi pinggul di kemudian hari.
  6. Nyeri Tulang Belakang - Seringkali nyeri tulang belakang dikira sebagai nyeri pinggul. Nyeri tulang belakang bisa melingkupi daerah punggung atau pantat yang menjalar ke bagian belakang kaki, kadangkala disertai dengan mati rasa atau kaki lemah. Nyeri pinggul sering terjadi di bagian anterior pangkal paha dan menjalar ke lutut.

Solusi untuk Nyeri Pinggul
Setelah masalah telah diidentifikasi berasal dari sendi pinggul yang sudah aus, beberapa metode mungkin sudah dicoba seperti fisioterapi, obat penghilang rasa sakit dan bahkan injeksi steroid yang tujuannya menghilangkan rasa sakit. Meskipun sudah diupayakan namun rasa sakitnya semakin parah, dan sendi pinggul sudah sangat aus maka tidak ada pilihan untuk mengganti sendi, dan menjalani penggantian pinggul.

Apa itu Penggantian Pinggul?
Total Hip Replacement (THR) atau penggantian pinggul total (THR) - juga disebut artroplasti pinggul total, adalah salah satu prosedur ortopedi paling banyak dilakukan di seluruh dunia saat ini. Untuk pasien dengan nyeri pinggul karena berbagai kondisi, THR dapat menghilangkan rasa sakit, dapat mengembalikan fungsi pinggul, dan dapat meningkatkan kualitas hidup. Diperkirakan lebih dari 300.000 proses THR dilakukan setiap tahun di Amerika Serikat saja.

Secara umum, lebih dari 90 persen artroplasti pinggul total bekerja dengan sukses, bebas rasa sakit, dan tanpa komplikasi hingga 10 hingga 15 tahun pasca operasi. Beberapa pasien melanjutkan dengan implan bahkan setelah 25 tahun digunakan.

Apa yang terjadi sebelum Penggantian Pinggul?
Setelah Anda memutuskan untuk menjalani penggantian pinggul total, Anda diperiksa dengan menyeluruh untuk mengetahui kondisi medis yang sudah ada sebelumnya, atau mungkin dilakukan perawatan sebelum operasi. Beberapa pemeriksaan lebih lanjut seperti tes darah, rontgen dada dan elektrokardiogram (EKG) akan dilakukan. Terkadang Anda perlu menemui dokter spesialis lain untuk memastikan semuanya aman sebelum kami melanjutkan proses operasi.

Operasi dibahas secara rinci sehingga Anda dan keluarga memiliki harapan yang realistis tentang resiko serta manfaat prosedur, dan memahami proses operasi dan pemulihan.

Anda akan dikirim ke fisioterapis sebelum operasi untuk mempelajari apa yang diharapkan dari operasi, cara berjalan dengan tongkat atau alat bantu lainnya dan latihan apa yang harus dilakukan setelah prosedur.

Anda akan disarankan untuk menghentikan konsumsi jamu atau obat herbal dua minggu sebelum operasi.

Sebelum prosedur Penggantian Pinggul, Dokter Bedah akan menawarkan Anda Anestesi Umum - tempat Anda tidur selama seluruh prosedur, atau Anestesi Tulang Belakang - di mana suntikan diberikan ke tulang belakang Anda yang membuat mati rasa kaki selama beberapa jam. Penting untuk tidak makan atau minum delapan jam sebelum prosedur, karena ini dapat mengganggu anestesi dan operasi Anda ditunda.

"Dalam praktik saya, sebagai Ahli Bedah Terlatih Arthroplasty Fellowship, saya meluangkan waktu untuk merencanakan operasi dengan hati-hati dan menentukan ukuran implan yang diperlukan dan di mana mereka akan ditempatkan selama prosedur. Saya juga seorang ahli bedah bersertifikat MAKOPLASTY dan dapat menggunakan Lengan Robot Bedah untuk memandu operasi saya dengan tingkat akurasi yang luar biasa dan dapat direproduksi." - Dr. Alan Cheung

Operasi Penggantian Pinggul Total
Dalam Operasi Penggantian Pinggul Total (juga dikenal sebagai Total Hip Arthroplasty), tulang rawan dan tulang pinggul yang rusak diganti dengan implan khusus:

Kepala femoralis diganti dengan batang logam yang dapat dilekatkan ke poros tulang paha. Untuk pasien yang lebih muda yang memiliki kualitas tulang yang baik, batang yang tidak dilekatkan menyebabkan benturan ke batang femur. Bola logam atau keramik akan menggantikan kepala femoral. Tulang rawan yang aus dari sambungan pinggul (acetabulum) dilepas dan diganti dengan lapisan logam. Liner plastik atau keramik akan ditempatkan pada lapisan ini. Cara ini akan menyebabkan artikulasi gesekan yang rendah dan mulus dengan kepala femoral yang baru. "Selama operasi penggantian pinggul itu, saya melakukan sayatan sekecil mungkin (operasi kecil). Operasi kecil tidak selalu mungkin dalam operasi kompleks atau lanjutan atau ketika pasien sangat besar. Saya memastikan proses penanganan operasi jaringan dengan hati-hati dan meminimalisir kehilangan darah, untuk mengurangi rasa sakit pasca operasi dan memungkinkan pemulihan selekas mungkin." - Dr. Alan Cheung "

Pemulihan Setelah Penggantian Pinggul Total
Biasanya operasi Penggantian Pinggul membutuhkan waktu satu jam, dengan beberapa jam di ruang observasi sebelum pasien masuk ke ruang inap.

"Dalam praktik saya, saya akan meminta pasien berjalan sesegara mungkin setelah operasi. Ini karena saya menggunakan teknik modern 'Enhanced Recovery' dan 'analgesia multimodal' serta infiltrasi anestesi lokal " dimana teknik operasi meminimalkan rasa sakit. Saya juga bekerja sama dengan tim anestesi dan fisioterapi untuk mengevaluasi setiap pasien agar penyakit sembuh dan pemulihan lancar." - Dr. Alan Cheung

Biasanya seorang pasien boleh ke rumah, atau ke unit rehabilitasi untuk fisioterapi lebih lanjut 3 hari setelah operasi.

Instruksi fisioterapi sangat penting untuk diikuti dengan cermat dan dilakukan untuk mendapatkan hasil terbaik dari operasi Penggantian Pinggul.

Biasanya Anda bisa mengemudi 6 minggu setelah penggantian pinggul total. Anda disarankan untuk melakukan perjalanan dengan pesawat sampai setidaknya 6 minggu setelah operasi.

Sebagian besar pasien dapat kembali bekerja antara 6-12 minggu setelah operasi Penggantian Pinggul, tergantung jenis pekerjaan mereka.

Penggantian Pinggul Total dapat menjadi solusi terbaik untuk nyeri pinggul dan akan meningkatkan kualitas hidup pasien.

Anda Mengalami Nyeri Dari Cedera ?

Dr Alan Cheung adalah Dokter Bedah Ortopedi dengan spesialisasi cedera akibat olahraga seperti ligamen atau otot robek, cedera tulang rawan pada persendian lutut, pinggang dan bahu. Rekonstruksi Persendian untuk orang dewasa meliputi penggantian lutut menyeluruh atau sebagian dan penggantian pinggul menyeluruh karena osteoarthritis, dan juga operasi dengan robot (sistem Makoplasti, Navio dan Robodoc). Beliau juga berpengalaman menangani trauma (pengobatan patah tulang) dan bedah tumor musculoskeletal (kanker tulang).

Top